KOMPETISI LPSN BAGI SISWA SMPN 1 BALONGPANGGANG


Lomba Penelitian Siswa Nasional (LPSN) merupakan sarana bagi siswa untuk menyalurkan rasa keingintahuan sejak dini. Sejak dini mereka diajarkan bagaimana bertanya dan cara menemukan jawaban secara ilmiah. Demikian disampaikan Prof. Wahyuddin Latunreng juri cabang lomba Ilmu Pengetahuan Teknik dan Rekayasa LPSN SMP tingkat nasional saat ditemui di Hotel Hariston, Senin (26/9).

Lebih lanjut dia mengungkapkan bahwa ajang ini diharapkan tidak hanya melahirkan generasi yang cerdas secara intelektual, akan tetapi generasi yang memiliki kecerdasaan sosial dan spiritual.

"Dari makalah yang lolos sebagian besar siswa ingin memecahkan masalah yang dihadapi masyarakat. Ini bukti mereka memiiki kepekaan sosial," kata peneliti LIPI ini.

Saat ditanya bagaimana sistem penilaian, Wahyuddin menjelaskan bahwa bobot yang paling besar adalah orisinalitas ide gagasan. Orisinalitas yang dimaksud ide ini benar-benar muncul dari siswa itu sendiri bukan dari guru.

"Juri tidak melihat penelitian yang tinggi. Tapi penelitian yang logis dengan kemampuan siswa tingkat SMP," tambahnya.

Selain itu, sistem penilaian juri akan melihat bagaimana paham tindak lanjut dari penelitian tersebut. Sedangkan sistematika penulisan memiliki bobot yang sangat kecil. (DIKUTIP DARI http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik/artikel/detail/1292/lpsn-melahirkan-generasi-yang-memiliki-kepekaan-sosial)


Prof. Wahyuddin Latunreng


Dan rasa syukur di tahunnini spensaba mendapatkan medali perak LPSN atas nama mozza zahrah jannah, vania adella margareta dan Fatimatuzuhro. Ini menjadi awal spensaba menjadi sekolah sang juara. Dan semoga berlanjut ke tahun tahun selanjutnya.

Jayalah spensaba

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA