Cynara : Sahabat Kompetisi Yang Kreatif

 


Aku Cynara Hemalina Ramdhani. Lahir di Gresik, 23 Oktober 2005. Awalnya jangankan menang kompetisi, membayangkan saja tidak sama sekali karena aku merasa bukan siswa hebat. terkadang melihat temanku juara rasanya ingin, tapi aku merasa tak mampu untuk meraihnya.

Gagal, jatuh, bangkit. Seperti itulah aku. Beberapa kali mengikuti kompetisi selalu saja gagal. Itu semua sempat membuatku down dan aku mulai jarang mengikuti kompetisi lagi. Rasa lelah karena selalu gagal memerangkapku. Trauma akan kegagalan menghantuiku. Namun, di satu sisi aku juga ingin sukses seperti teman-temanku.

                Sampai suatu ketika aku mencoba bangkit kembali dan berkat dorongan dari sahabat-sahabatku membuatku lebih kuat. Dengan percaya diri, aku mengikuti suatu kompetisi. Awalnya sempat insecure karena karya peserta lain jauh lebih baik daripada milikku. Tapi, kali ini aku yakin bahwa aku pasti bisa.

Ya.. lomba Bibliobattle adalah awal perjuanganku. Lomba tingkat nasional yang diadakan oleh BPK-RI. aku berusaha keras dan tak lupa doa yang selalu kupanjatkan. Akhirnya dengan bersusah payah sebuah karyaku tuntas. Segeralah ku posting karyaku dan mulai mencari like sebanyak banyaknya. Cukup sulit bagiku tapi teman-temanku selalu ada untukku. Mengingat waktu itu ketika tengah malam, saat saat terakhir penutupan lomba mereka masih sempat membantuku padahal mereka juga mengikuti kompetisi itu. Mereka rela begadang, mencari bantuan like untukku, dan mencemaskan posisiku yang saat itu berada diposisi paling akhir. Sampai pada hari pengumuman pemenang lomba pun tiba. Aku dan ke-4 sahabatku mendapatkan juara favorit. Tentu saja aku sangat bahagia. Akhirnya aku berhasil.

                Sejak hari itu, aku semakin dekat dangan sahabat-sahabatku dan semangat kompetisiku meningkat. Di depan berbagai kompetisi menantiku kembali. Ku ikuti beberapa kompetisi itu sekaligus. Memang tak mudah, karena harus meluangkan banyak waktu. Perjuanganku dimulai kembali ketika harus menuntaskan lomba podcast. Sampai keadaan mengharuskanku untuk bermalam dirumah temanku, begadang sampai dini hari, dan memeras otak untuk mencari inspirasi. Tapi perjuangan itu semua beerbuah manis. Aku dan sahabatku Abel mendapatkan juara pertama. Senang dan bangga sekali tentunya.

 Ketiga kalinya aku mendapatkan juara lagi dalam lomba passion entrepeneur (desain packaging) aku dan Abel memperoleh juara ke 3. Pastinya tak lepas dari semua perjuangan berat. Pergi pagi dan pulang larut malam. Semua usaha itu kulakukan dengan ikhlas. Dan, takdir baik sedang berpihak padaku. Aku sangat bersyukur sekali.

 

"Dari sekian banyak kompetisi. Aku belajar bahwa yang paling penting bukanlah kemenangan, melainkan sebuah proses dan semua kenangan. Dan keikhlasan juga bagian dari perjuangan. Kemenangan adalah bonus, tapi kenanganlah yang sangat terasa nantinya. Ketika telah melewati suka, duka, melawan rasa lelah dan kantuk, itulah yang akan menjadi cerita suatu hari nanti". 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA