Mendongeng Itu Seru!



Mendongeng itu seru!
20 Maret juga menjadi hari istimewa buat spenixg. Identitas sebagai sekolah literasi sangat terasa hari ini. Meskipun siswa masih libur karena kebijakan pemerintah mencegah wabah Virus Corona 19 siswa spenixg terus belajar untuk berliterasi digital.

Tahukah bahwa hari ini hari spesial bagi dunia literasi. Ya tentunya? Hari ini peringatan hari mendongeng sedunia. Hari dimana istimewa bagi pembaca pembaca dongeng baik di Indonesia maupun dunia. Lalu di ceritakan dalam berbagai khasanah bercerita di dunia. Dengan gaya telling story, gaya mendongeng, gaya bercerita, dan tentu di indonesia memiliki akar budaya mendongeng yang lama pagelarannya panjang dialah dalang.

Di sini khasanah budaya daerah yang masih terus di kembangkan dan di hidupkan generasi muda Indonesia. Termasuk di spenixg. Dengan melakukan pagelaran dalang cilik. Dalang Damar Jati. Siswa kelas 7 ini selalu bangga mendongeng cerita cerita yang sarat nilai pendidikan. Dari kisah mahabarata dna ramayana.

Harapan besar dongeng akan terus tumbuh di spenixg. Sehingga pembelajaran akhlakul karimah, norma-norma kebangsaan bisa tersampaikan ke masyarakat dengan damai. Tanpa ada perasaan mengurui.

Beberapa tahun yang lalu dongeng juga menjadi pendidikan anak pertama kalianya di keluarga. Dimana anak anak selalu mendapatkan dongeng sebelum tidur. Dan cerita cerita kenabian, fabel, fantasi, sejarah, legenda, mitologi, dan budaya selalu dinantikan anak sebelum tidur. Dan akan sangat berdampak pada pemikiran anak yang dibawa sampai masa depan.

Cerita cerita dongeng ini yang harus terus di hidupkan dikalangan masyarakat. Sehingga masyarakat Indonesia selalu memiliki pemikiran positif dari kisah kisah yang disampaikan pendongeng.



Dan selama 3 tahun ini siswa siswa spenixg sudah mampu memproduksi berbagai buku dongeng baik berupa fabel, legenda maupun pentigraf. Yang setiap waktu bisa d baca dan di dongengkan masyarakat.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA