SAJAK SAJAK SENJA


Sajak sajak senja, diksi yang sering muncul ketika seseorang sedang lelah dengan suasana belajar, sedang lelah untuk berjuang dan bermanuver dalam menjalani hidup. Dengan cahaya redup matahari di sore hari. Yang bernama senja. Berharap malam akan tiba dengan mimpi yang indah. Dan melupakan luka di pagi hari tadi.

Sajak sajak senja adalah salah satu kata terbanyak yang sering muncul bagi sastrawan sastrawan muda. Tak terkecuali siswa siswa spenixg yang setiap tahun selalu membuat karya sastra puisi.

Tahukan kalian tanggal 21 Maret menjadi hari spesial. Dimana hari ini adalah peringatan hari puisi sedunia. Puisi sebagai karya sastra memiliki peran tersendiri di masyarakat dunia. Di indonesia saja sejak zaman dahulu sudah mengenal puisi dalam bentuk pantun, gurindam, syair, parikan dan lain sebagainya. Yang hingga kini masih tumbuh subur dikalangan masyarakat.

Kehadiran puisi mampu menenagkan pencipta dan pendengar ketika mereka mendapatkan masalah atau mendapatkan kabar bahagia. Puisi setia menemani seseorang di setiap kegiatannya.

Spenixg sebagai sekolah literasi juga tak henti hentinya mengabarkan karya inovasi siswa di bidang sastra ini dwngan lounching bukunya. Dan tak jarang mereka selalu menang di berbagai kompetisi yang diadakan pemerintah maupun instansi swasta.

Nabila Eka Agustin salah satunya. Pemenang juara 1 Cipta dan Baca Puisi Jambore UKS Kabupaten Gresik tahun 2019 mengatakan jika di spenixg proses pendidikan cipta dan karya sastra berjalan dengan baik. Semua siswa diajarkan secara baik cara membuat karya sastra hibgga mereka betul betul bisa membuat karya sastra yang berkualitas.




Hening, tutur sang hijau, awan dan ranting, sepucuk surat untuk alam,  adalah beberapa buku puisi karya siswa SMPN 9 Gresik yang sudah Ber-ISBN. Karya karya mereka bisa di baca di Perpustakaan nasional jakarta. Ataupun perpustakaan daerah Jawa timur dan Gresik


Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA