PROGRAM LITERASI SPENIXG DARI SUDUT BACA


SMPN 9 Gresik sejak tahun 2016 sudah d kenal sebagai sekolah model literasi yang berhasil di Kabupaten Gresik. Dan tahukah kalian bagaimana program literasi di spenixg bisa berhasil begitu baiknya. Sampai sampai Kepala  Dinas Kabupaten Gresik dalam.acara Louncing buku tahun 2019 di spenixg memberikan pujian terhadap keberadaan literasi di spenixg. Sebagai sekolah percontohan bagi sekolah lain. Dengan mampu menerbitkan buku setiap tahunnya.

Dan salah satu program penunjang Gerakan literasi Sekolah adalah adanya program membaca buku 15 mrnit sebelum jam pelajaran pertama. Dimana di setiap kelas.sudah disediakan sebanyak 32 buku. Sesuai jumlah siswa di kelas tersebut.

Program ini dijalankan oleh Tim GLS dari Guru Bekerjasama dengan  PK-OSIS sekbit literasi sebagai pelaksana pengadaan buku dan penyaluran buku setiap minggunya.

Dengan adanya buku fiksi dan non fiksi yang sesuai perkembangan siswa. Serta di tunjang buku literasi (sinopsis) setiap hari siswa wajib membaca buku. Dan dampaknya tentu peningkatan wawasan siswa.

Program ini di lakukan 4 hari setiap minggunya. Yaitu hari selasa, rabu, kamis dan sabtu. Karena hari senin ada upacara. Dan hari junat ada kegiatan karakter religius dengan doa bersama, karakter cinta lingkungan dengan adiwiyata dan senam pagi.

H. Rupi'i,S.Pd.MM. selaku kepala sekolah mengharapkan siswa semakin termotivasi untuk membaca agar masa depannya semakin baik. Karena tahun depan akan ada ujian literasi sehingga sangat sejalan dengan program ini. Dan di tahun ini program membaca 15 menit diletakkan di jam pelajaran dengan pengawasan guru jam pertama. Mengevaluasi hasil baca siswa dan juga kemampuan baca siswa. Harapannya tentu anak spenixg akan semakin berprestasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA