PAGELARAN SENI KEPANG DALAM ACARA KAS



Sekolah memiliki peranan penting untuk melestarikan dan mengembangkan hasil karya seni dan budaya tradisional daerah. Peranan lembaga sekolah tersebut dinilai sangat strategis karena pewaris seni dan budaya tersebut masih berusia muda. Di pundak mereka tertumpang harapan untuk melestarikan seni dan budaya hasil karya pendahulu kita. Inilah salah satu landasan diadakannya pagelaran seni dan budaya di sekolah.

Menanggapi hal tersebut, SMP Negeri 9 Gresik, salah satu sekolah di Kabupaten gresik, telah mengadakan acara KAS (Kegiatan Akhir Semester) yag bertema kesenian, arti dari kesenian itu sendiri adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, dan bertujuan untuk membentuk karakter peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa seni dan pemahaman budaya.

Salah satu kesenian yang ditampilkan adalah Kesenian Kuda Lumping, Bujang Ganong atau Patih Pujangga Anom adalah salah satu tokoh yang energik, kocak sekaligus mempunyai keahlian dalam seni bela diri sehingga di setiap penampilannya senantiasa diperagakan oleh 2 orang pada umumnya yang selalu ditunggu-tunggu oleh penonton khususnya anak-anak. Bujang Ganong menggambarkan sosok seorang patih muda yang cekatan, berkemauan keras, cerdik, jenaka, dan sakti

pagelaran kepang ini menjadi salah satu kepedulian sekolah terhadap bakat dan kreatifitas siswa demi memajukan kebudayaan daerah. semoga kedepannya pagelaran semakin hebat dan istimewa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BUDAYA GRESIK "BERBUDAYA"

SANAS (SATGAS ANTI NARKOBA SPENSABA) AYO BERSIHKAN SEKOLAH DARI PENGARUH NARKOBA